Sunday, January 6, 2019

Pemanfaatan Animasi Flash 8 dalam Pendidikan


Animasi flash bukan suatu yang baru di dunia pendidikan, Banyak sekali animasi-animasi yang di buat menggunakan software flash 8. Banyak sekali user atau pengguna Macromedia flash akan tetapi jarang guru yang mampu menguasai hal tersebut. Perlu kemampuan konten desainer untuk membuat animasi berjalan yang menarik. saya sudah melihat ke berbagai sekolah SMP maupun SMA melakukan berbagai survey, dan hasilnya guru belum pernah menerapkan pembelajaran yang berbasis animasi flash ini. 
Animasi flash sendiri adalah sebuah animasi yang di desain berdasarkan frame waktu yang di atur sedemikian rupa hingga menjadi animasi menggunakan software flash. Animasi flash ini sudah ada pada tahun 2000an akan tetapi berkembang sangat pesat di tahun 2008. Animasi flash sangat berguna dalam dunia pendidikan karena bisa mem’visualisasikan pembelajaran sehingga suatu yang abstrak bisa di lihat dan di tampilkan. Dengan adanya flash ini pembelajaran seperti Matemaika, Fisika dan Biologi bisa di visualisasi melalui animasi flash.

Permasalahan Dalam Pengaplikasian Animasi Flash
Meski begitu membantu dalam proses belajar mengajar, kebanyakan guru malas menggunakannya karena beberapa permasalahan. Diantaranya :
  • Untuk membuat satu buah aminasi di butuhkan waktu yang cukup lama, untuk sebuah animasi bisa di kerjakan selama beberapa jam bahkan 1 hari full tergantung kesulitan animasi. 
  • guru tidak cukup punya banyak waktu dalam membuat aplikasi tersebut. Karena faktor internal seperti jadwal mengajar yang padat bahkan sampai sore, dan faktor eksternalnya guru juga memiliki kehidupan lain selain mengajar.
  • Banyaknya materi pembelajaran yang harus di sampaikan oleh guru. Sehingga waktu dalam penyampaian atau menajar guru belum cukup memenuhi target materi tiap semester.

Kendala tersebut sebenarnya bisa di atasi, Banyak sekali animator flash yang menjual animasi di beberapa situs website akan tetapi harga yang di tawarkan sangatlah mahal, untuk satu animasinya bisa di harga kisaran 300rb sampai 1 juta. Solusi lainnya banyak juga animator yang membagika action script animasi di website mereka, dan guru tinggal menyusupkan action script tersebut sehingga tidak terlalu memakan banyak waktu. Ada pula Website yang menyediakan animasi-animasi pembelajaran secara gratis walaupun terbatas.

Pentiangnya Visualisasi dalam pembelajaran
Visualisasi sangat penting dalam penyampaian materi pembelajaran. Visualisasi dapat mengatasi permasalah abstraksi pikiran siswa sehingga memudahkan siswa dalam mencerna pembelajaran secara realistis. Pemahaman secara realistis inilah yang membuat pengetahuan siswa tidak langsung hilang karena pengetahuan disimpan di bagion otak kanan siswa. 
Sayangnya guru kebanyakan menggunakan cara konvensional dalam mengajar. Hanya menggunakan sumber bacaan berupa buku, walaupun tersedia gambar di dalam buku tersebut saya rasa kurang dapat memvisualisasi siswa. Karena biasanya gambar yang tersedia pun sepotong dan menjelaskan sedikit hal.

Pembelajaran dengan animasi tidak hanya mampu membangun pengetahuan secar konstektual, tetapi juga bisa lansung di praktekan siswa, semisal dalam pembelajarn matematika bab bangun ruang, dengan visuali yang menarik siswa akan paham dan dapat membayangan rusuk, jarak antara sisi dan rusuk, dan lain-lain. Dengan menggunakan animasi flash pembelajaran yang abstak bisa menjadi relevan dan menyenamngkan.

Penerapan Animasi Flash dalam Pembelajaran
Untuk penerapannya sendiri, Animasi flash jarang di gunakan dalam proses pembelajaran. Walaupun guru tersebut berpotensi bisa membuat animasi flash tersebut. Penerapan animasi flash sangat mudah, guru bisa merancang RPP dan mengimplementasikan animasi flash ini ke dalam materi pembelajaran, soal, maupun serangkaian proses pembelajaran dari awal sampai akhir. Animasi flash ini sendiri cocok di gunakan dalam pembelajaran yang bersifat konstruktif karena mudah untuk di visualisasikan.
Animasi flash ini bisa berbentuk video, berbentuk gambar gerak, serta bisa berbentuk serangkaian media interaktif. Jadi animasi flash sangat mudah untuk di tampilkan atau tidak perlu software khusus untuk menampilkan animasi tersebut. Ukuran dari animasinya sendiri tergolong ringan sehingga tidak berat dalam menjalankannya di computer.

Media yang di gunakan sebagai wadah animasi flash bisa seperti PowerPoint, Kingsoft maupun Flash media. Karena bentuk animasi flash yang beragam guru tinggal menyesuaikan dengan kompetensi dan indikator pembelajaran. Akan tetapi selain di visualisasikan guru tetap harus menuntun siswa agar mencapai pemahaman. 


EmoticonEmoticon