Sunday, April 29, 2018

Manfaat Biji-bijian Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi makanan sehat adalah kewajiban setiap diri kita demi menjaga kesehatan tubuh. Salah satu makanan yang sangat bagus dan menyehatkan bagi tubuh adalah biji-bijian. Biji-bijian, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia bukanlah makanan sehat yang familiar. Namun dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, maka beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi ini. Makanan biji-bijian merupakan makanan yang rendah kalori sehingga cocok di konsumsi saat diet.

Gambar Aneka ragam Biji-bijian

Banyak sekali kandungan Biji-bijian seperti vitamin B1. Vitamin jenis ini kaya akan kandungan tiaminnya. Tiamin memiliki fungsi dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak vitamin B5 yang berguna untuk membantu mengantar rangsangan saraf. Vitamin B6 juga mengubah triptofan menjadi serotonin, zat kimia otak yang bisa menimbulkan rasa tenang bagi tubuh. Rendahnya kadar serotonim umumnya akan membuat orang cepat stres, sulit tidur, dan depresi.

Manfaat  biji-bijian yang lainnya adalah sebagai sumber utama protein, terutama bagi vegetarian. Tetapi, biji-bijian tidak dapat dikategorikan sebagai protein lengkap seperti daging dan keju. Mengapa demikian?  Karena biji-bijian mempunyai kadar asam amino yang rendah. Untuk melengkapi zat gizi dalam biji-bijian, Anda bisa menambahkan beras merah, pasta, milet atau cukini. Biji-bijian juga mengandung mineral, seperti magnesium, fosfor, besi, seng dan mangan. Mineral jenis ini berguna untuk menyampaikan pesan bagi otak. Magenesium diketahui sebagai penenang alamiah karena merifleksikan sel-sel saraf dan otot. Kekurangan mineral ini dapat membuat anak merasa nervous, mduah marah, dan agresif. Selain itu, biji-bijian juga mengandung karbohidrat yang berguna sebagai bahan bakar otak untuk menghasilkan energi.
Gambar Aneka Ragam Biji-bijian 2

Beberapa contoh biji-bijian yang cukup familiar di Indonesia adalah biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan gandum. Berikut adalah manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan tubuh Anda.

Menyediakan energi
Biji-bijian atau serealia kaya akan karbohidrat kompleks yang mampu memberikan energi untuk tubuh. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan sebagai penyedia energi untuk beraktivitas seharian.

Tinggi protein
Kandungan protein yang tinggi di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan masa otot Anda. Protein ini bahkan penting bagi anak-anak untuk mendukung daya tumbuh dan kembang mereka.

Mengurangi berat badan
Karena biji-bijian rendah lemak, maka mengonsumsinya baik untuk program penurunan berat badan Anda. Selain itu makanan ini rendah kalori sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Mencegah kanker
Biji-bijian mengandung zat alami yang disebut dengan pitosterol yang bermanfaat untuk mencegah kanker terutama kanker payudara dan kanker usus besar pada tubuh Anda. Para ahli kesehatan pun menyarankan Anda untuk mengonsumsinya sebanyak mungkin agar lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Mengontrol gula darah
Kandungan zat alami di dalam biji-bijian bermanfaat untuk mengurangi kecepatan sekresi glukosa dari makanan sehingga gula darah Anda tetap terkontrol. Untuk itulah biji-bijian baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes.



EmoticonEmoticon