Thursday, January 3, 2019

Bahan Untuk Membuat Aquaponik

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu aqua ponik dan sudah di jelaskan tahapan-tahapan proses dari siklus aquaponik. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat aquaponik, hal apa saja yang di perlukan serta, apa saja senis tanaman yang bisa di tanam dalam metode aquaponik ini.
Komponen untuk membuat Aquaponik
Untuk penjelasan dan proses aquaponik sudah di jelaskan anda bisa kunjungi artikel Aquaponik Inovasi dari penggabunngan Hidroponik dan Aquakultur
Yang perlu di pahami seperti halnya hidroponik, aquaponik juga bisa dilakukan di rumah. Untuk membuat budidaya dengan sistem ini, yang anda butuhkan adalah beberapa komponen sebagai berikut :

  • Kolam atau Tengki pemeliharaan ikan
  • Unit perangkap dan pemisah limbah padat (sisa pakan dan fases).
  • Bio filter, sebagai media tumbuh bakteri nitrifikasi dan mengkonvensikan ammonia menjadi nitrat, yang dapat digunakan oleh tanaman.
  • Subsistem hidroponik, yakni bagian dari sistem di mana tanaman tumbuh dengan menyerap kelebihan hara dalam air.
  • Sump, titik terendah dalam sistem. Tempat air mengalir ked an dari, yang di pompa kembali ke tangki pemeliharaan.

Model Aquaponik
Berikut ini beberapa contoh desain aquaponik yang bisa dibuat di rumah
Disemua media sistem aquaponik ini rata-rata dapat bertahan selamma 10 tahun pemakaian dan menghabiskan sekitar Rp5-8 juta untuk biaya pembuatannya. Menggunakan model tersebut, anda dapat membdidayakan sekitar 500-5000 ekor ikan dan 20 -200 lubang tanaman.
Tapi gak usah khawatir, anda bisa mengakali menggunakan barang-barang yang murah supaya irit biaya dengan kreatifitas anda sendiri semisal mengganti kolam ikan dengan tempat sampah yang sudah di sterilkan, ataupun dengan memanfaatkan barang-barang bekas lainnya. Atau anda bisa membuatnya dengan versi yang lebih kecil supaya hemat biaya.

Jenis sayuran dan Ikan yang Dapat Dibudidayakan
Sayuran yang dapat anda tanam adalah okra, tomat, paprika, talas, bawang, kemangi, ubi jalar, strawberry, kacang polong dan banyak sekali tanaman yang bisa anda coba untuk tanam. Sementara itu ikan-ikan yang dapat anda pelihara adalah jenis ikan air tawar seperti ikan emas, nila, lele, mujair, patin, belut hingga lobster air tawar.

Begitulah kira-kira pemaparan kami tentang aquaponik. Bagaimana apakah anda berminat membuatnya di pekarangan rumah ? Selain bisa di nikmati dan di konsumsi sehari-hari, bisa juga menjadi peluang bisnis bagi anda. Silahkan kungjungi artikel lain sepeutar teknologi, games, kesehatan, dan tips-tips lainnya.


EmoticonEmoticon