Thursday, January 3, 2019

AquaPonik Inovasi Gabungan andara Hidroponik dan Aquakultur


Kemajuan di bidang pertanian sangat perlu di naungkan di setiap daerah. Pertanian yang maju akan bisa bersaing secara kompetitif, efisien dan sesuai atau melampai target. Apalagi di masa sekarang pembangunan pada sektor pertanian sedang di lakukan dengan genjar, demi mengoptimalisasi sumber pangan nasional. Beragam inovasi pertanian telah di buat dan salah satunya adalah ‘AquaPonik’. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Aquaponik pada dasarnya kombinasi antara hidroponik dengan budidaya hewan air atau aquakultur. Hewan yang di maksud adalah ikan air tawar seperti, lele, nila, mujair dll. Jadi dengan teknik ini anda di mungkinkan untuk memelihara ikan sambil mengolah tanaman secara bersamaan, dalam satu tempat dan waktu.

Dalam prosesnya sendiri Hidroponik memang sangat efisien di lakukan, akan tetapi harga dari vitamin atau nutrisi yang dibutuhkan terbilang mahal. Sedangkan Aquakutur juga harus memberikan pakan sehat untuk ikan serta harus secara berkala mengganti air yang kotor dan membersihkan kolam.

Alur dan Sistem Aquaponik
Proses aquaponik ini terjadi karena penggabungan antara hidroponik dan aquakultur sehingga keduanya saling ber simbiosis mutualisme. Tanaman mendapatkan makanan dari limbah kotoran ikan, sementara ikan mendapatkan air yang tersaring oleh tanah dan tumbuhan sehingga menjernihkan air dari unsur penyakit.
Jika di jelaskan siklusnya, dalam proses aquakultur, ada sisa pakan yang di hasilkan ikan dalam bentuk fases yang terakumulasi di dalam air. Fases dengan Kandungan nitrat dan ammonia ini bersifat toksin atau beracun bagi ikan, namun sebenarnya kaya nutrisi jika dijadikan sumber hara bagi tanaman. Pada saat nitrat telah terserap oleh tanaman sebagai bahan makanan, di waktu yang sama tanaman menyuling air dari bahan berbhaya yang kemudian kembali ke kolam ikan.

Sekian artikel ini saya bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam bercocok tanam di kebun. Dan untuk artitkel kelanjutannya membahas  bagaimana cara pembuatan aquaponik dan apa saja tanaman yang bisa di tanak di aqua ponik ini serta, jenis ikan apa saja yang bisa di ternakkan. Sekian dari saya dan sampai jumpa di lain artikel.


EmoticonEmoticon