Sunday, January 27, 2019

Membakar Kalori dengan Makanan dan Minuman Berikut Ini

Membakar kalori dengan berolahraga bukan satu-satunya cara yang di gunakan. Banyak faktor eksternal yang bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh, semisal makanan dan minuman. Lantas bagaimana bisa makanan atau minuman ini membakar kalori? Secara pemikiran umum makanan adalah sumber dari kalori, akan tetapi ada jenis makanan yang bisa membantu dalam proses diet bahkan mampu membakar kalori.
Lalu apa saja makanan dan minuman yang mampu membakar kalori tersebut? Mari kita simak ulasan berikut ini. Dari beberapa makanan dan minuman ini memiliki zat yang mampu membantu metabolism tubuh, menyerap kalori, dan mengandung senyawa anti oksidan. 

1. Jeruk Bali Merah (Grapefruit)
Grapefruit ini adalah sejenis jeruk yang banyak di temukan di Negara-negara beriklim tropis. Satu buah grapefruit termasuk makanan yang rendah kalori dan kadar gulanya terhitung rendah menurut indeks glikemik.

Kandungan dalam buah ini meliputi vitamin C, vitamin A, asam pantotenat, mineral tembaga, serat, kalium, vitamin B1. Selain itu grapefruit juga memiliki kandungan enzim protein kinase aktif. Enzim ini membantu tubuh mengolah gula dan lemak sehingga proses metabolism lebih lancar, engan begitu anda akan semakin mudah menurunkan berat badan.

Konsumsi grapefruit 2 buah per hari untuk membantu melancarkan metabolisme pada tubuh, dengan melakukan olah raga secara rutin. Hal tersebut sangat efektif dalam membakar kalori.

2. Daun Seledri
Daun seledri termasuk dalam tanaman daun peterseli yang mempunyai daun kecil. Daun ini biasanya dipakai sebagai sayuran pelengkap di makanan seperti, bakso, sop, mi ayam dll. Seledri juga rendah kalori, pada 100gram seledri hanya memiliki 14 kalori saja. Mengonsumsi seledri dalam jumlah banyak tidak akan menambah berat badan, karena seledri ini sangat mudah di cerna oleh lambung, Karena kandungan air pada seledri sekitar 95%. Selain itu seledri juga dapat menetralisir racun pada tubuh.

3. Biji-bijian
Banyak di antara biji-bijian yang mampu menyerap kalori pada tubuh seperti gandum, biji bunga matahari, chia seeds dan lain-lain. Biji-bijian mengandung omega tiga, zat besi dan mineral lain yang baik untuk kesehatan saat sedang diet.

Sebuah riset mengemukakan bahwa biji-bijian lebih sehat ketimbang biji olahan. Biji-bijian alami seperti gandum, memiliki waktu yang cukup lama untuk di cerna. Oleh sebabitu gandum sangat efektif untuk menurunkan nafsu makan.

4. Teh hijau
Teh hijau sudah menjadi rahasia umum berkhasiat menurunkan berat badan. Menurut penelitian, kandungan Epilgallocatechin Gallate (ECGC) dalam the hijau membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Tidak hanya membakar lemak the hijau juga bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan.

Konsumsilah teh hijau ini tanpa menggunakan gula, supaya lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Konsumsi the hijau saatpagihari atau saat menjelang makan, supaya kalori lebih efisien terbakar.

5. Kopi
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka pendek, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan meningkatkan pembakaran lemak. Dalam hal ini, kafein meningkatkan penggunaan energy,bahkan ketika anda sedang beristirahat.

Kandungan kafein pada kopi juga dapat merangsang terjadinya thermogenesis, cara tubuh menghasilkan panas dan energy dari mencerna makanan. Selain itu kafein juga dapat menurunkan nafsu makan.

Untuk mengkonsumsi kopi gunakan sedikit gula, dan jangan terlalu sering mengkonsumsi cukup 2 hari sekali. Terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat mengakibatkan mual-mual, denyut jantung cepat, dan insomnia.


EmoticonEmoticon