Tuesday, January 15, 2019

Dampak Radiasi pada Smartphone Bagi Kesehatan

Menggenggam dan memainkan smartphone menjadi rutinitas generasi milenial saat ini. Ketergantungan terhadap handphone semakin tinggi, kemanapun anda pergi pasti yang namanya handphone tidak pernah ketinggalan. Apalagi saat kuota internet habis, sebagian orang pasti tidak akan tahan tanpa kuota internet 1 hari saja. Rutinatas tersebut ternyata dapat berpengaruh terhadap tubuh atau kesehatan. Salah satunya adalah bahaya radiasi HP yang bisa merusak jaringan sel pada tubuh.

Alasan utama bahaya radiasi HP adalah dapat memicu kanker, meskipun sampai saat ini belum ada penelitian mengenai bahaya tersebut namun banyak dokter yang berasumsi hal itu bisa saja terjadi mengingat semakin intensif penggunaan HP pada masyarakat di setiap harinya. 

Asumsi lainnya adalah resiko lebih tinggi pada pengguna anak-anak jika di bandingka dengan orang tua. Hal tersebut di sebabkan penyerapan radiasi yang lebih tinggi pada anak karena beberapa faktor, seperti jaringan otak, tengkorak kepala dan ukuran tubuh yang berbeda. Demikian juga janin yang di aanggap rentan terhadap paparan radiasi terutama pada otak.

Oleh karena itu, beberapa Negara memberikan peringatan khusus mengenai penggunaan HP dan perangkat elektronik nirkabel lainnya untuk anak-anak, semisal pada jarak penggunaan HP dan perangkat nirkabel yang di tetapkan minimal 20 cm dari tubuh seorang anak.

Beberapa dampak terkena Radiasi ringan dari handphone
Sering sakit kepala, Sering sakit kepala bahkan vertigo bisa di sebabkan oleh smartphone yang terlalu dekat dengan kepala. Energi negative RF akan terkumpul dan mudah masuk ke otak sehingga dapat menyebabkan mual-mual.

Mudah lelah namun sulit tidur, Radiasi yang terpancar karena penggunaan smartphone yang berjam-jam menyebabkan saraf-saraf sekitar kepala dan wajah menjadi tegang, aliran darah tersendat-sendat. Tubuh akan terasa mudah lelah dan kekurangan energy karena kekurangan cairan tubuh. Akibatnya ketika ingin istirahat, terasa gelisah yang berlebihan sehingga sulit untuk tidur.

Memicu kerusakan otak, kerusakan otak ini terjadi akibat gelombang elektromagnetik pada smartphone mengandung radiasi yang kuat, dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak. Jika di gunakan terus menerus secara berkala bisa saja menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

Mengganggu perembangan janin, janin sangat renta terhadap paparan radiasi karena belum cukup memiliki antibody yang kuat. Gelombang elektromagnetik daapt menembus jaringan pada janin dan dapat mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin yang seang terbentuk.

Memicu penyakit katarak, apabila mata terus menerus melakukan kontak dengan suhu panas radiasi pada smartphone, akan terjadi pemadatan kabut secara perlahan yang kemudian menghalangi kornea dan membentuk katarak. Meletakkan smartphone ditelinga terlalu lama juga bisa mengakibatkan radiasi masuk ke rongga telingan dan dapat menghambat sirkulasi darah di sekitar mata.
Selain pada Handphone, radiasi pada jaringan handphone juga perlu di waspadai. Pada beberapa kasus di Negara Eropa jaringan 4G mengakibatkan ratusan burung jatuh ke jalanan dan mati, serta pada ungags bebek di temukan prilaku aneh yaitu menyelupkan kepalanya ke dalam air secara berkala. Walaupun belum di pastikan secara 100% bahwa penyebabnya adalah jaringan 5G, namun sebagai manusia kita harus bijak dan berhati-hati.

Sekian pemaparan dari arikel ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain seputas Kesehatan, Games dan Teknologi.


EmoticonEmoticon