Wednesday, January 9, 2019

Waspadai Benjolan Asing pada Tubuh Anda Sebelum Terlambat

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang merasakan munculnya benjolan pada tubuh anda secara tiba-tiba, akan tetapi anda tidak tauapa yang mungkin terjadi pada tubuh anda. Karena pada umumnya benjolan tersebut muncul tanpa disadari karena tubuh terasa normal tanpa gangguan yang berarti. Akan tetapi ada pula benjolan yang di sertai rasa nyeri, demam dan gejala-gejala lainnya.

Limfoma merupakan istilah umum untuk beberapa tipe kanker darah yang muncul dalam sistem limfatik. Penyakit ini menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening atau benjolan. Pasien pengidap limfoma memang paling banyak melaporkan adanya benjolan di bagian leher, punggung dan ketiak. Akan tetapi tidak semua benjolan yang muncul adalah tanda dari kanker.

Menurut Dr. Ronald A.Hukom, Sp.PD, KHOM, Ada tipe-tipe benjolan yang bisa mengarah ke penyakit serius, misalnya tumbuh cepat atau benjolan tersebut semakinbesar, bentuknya tidak beraturan, dan biasanya tidak menimbulkan nyeri. Benjolan yang di sertai nyeri atau demam, biasanya tanda infeksi dan bukan merupakan tumor. Karena benjolan tumor tidak menyebabkan dampak langsung untuk tubuh seperti nyeri, demam, dll.

Untuk memastikan benjolan tersebut apakah itu merupakan tumor atau bukan, langkah antisipasinya adalah langsung check in ke dokter. Dokter akan mempertimbangkan apakah itu merupakan tumor ataupun bukan dengan pemeriksaan foto Rongsen laboratorium, atau perlu dilakukan biopsi. Selain dari benjolan tanda lain dari kanker bisa seperti turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, kelelahan, gatal di kulit, atau sering berkeringat dimalam hari walau cuaca sedang dingin atau sejuk. Itu adalah gejala sistemik yang terjadi karena sel-sel limfoma mengeluarkan bahan-bahan yang tidak normal untuk tubuh.
Untuk penyembuhannya sendiri kanker limfoma sendiri mudah di sembuhkan jika di temukan pada stadium 1 yang belum menyebar atau masih ringan. Oleh karenanya antisipasi bila terjadi atau muncul benjolan asing pada tubuh anda, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Anda perlu menetahui bukan hanya kanker atau tumor, beberapa penyakit ini juga mempunyai dampak benjolan, seperti :

1. Getah Bening
Pembesaran kelenjar getah bening ini biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus pada bagian tubuh didekatnya. Pembesaran kelenjar getah bening biasanya akan mengempis atau hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu. 

2. Nodul Tiroid
Benjolan kecil yang teraba keras di leher bagian depan bawah biasanya disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid, yang merupakan suatu tumor jinak. Akan tetapi, untuk memastikannya dianjurkan agar anda segera konsultasi ke dokter.

3. Kista
Kista dapat tumbuh di semua bagian tubuh, bahkan di daerah payuda maupun kemaluan. Kista biasanya terasa sangat lembut serta berisi banyak cairan. Untuk penanganannya sendiri sudah tersedia antibiotic untuk penyakit kista ini. 

4. Lipoma
Benjolan yang terdiri dari jaringan lemak ini dapat terjadi atau muncul di bagian tubuh manapun, akan tetapi sering kali muncul di bagian kaki atau tangan. Lipoma sendiri bukan merupakan penyakit yang serius, dan benjolan akan cepat hilang dalam waktu 2 sampai 3 minggu.

5. Fibroadenoma
Fibroadenoma atau tumor jinak di daerah payudara wanita, biasanya terjadi pada usia senja 40 tahun ke atas. Biasanya Fibroadenoma sendiri tidak berkembang besar dan tidak bertumbuh.

Jika benjolan pada tubuh anda adalah dampak dari penyakit di atas anda bisa merasa sedikit tenang. Antisipasi terjadinya sel kanker, hindari makanan yang mengandung carbon, dan perbanyak makanan yang mengandung anti oksidan. Karena kebanyakan kanker tumbuh dari konsumsi makanan, yang mengatibatkan sel tubuh menjadi rusak, sel-sel tubuh yang rusak ini terus membelah diri dan menyebabkan kanker. Oleh karenanya mencegah sedini mungkin adalah langkah yang cermat untuk terhindar dari kanker.

Sekian dari jagoan info, semoga bermanfaat bagi anda semua,. Kunjungi artikel kami yang lain seputar kesehatan, teknologi dan games. Sampai jumpa di lain artikel..


EmoticonEmoticon