Wednesday, January 2, 2019

Fitur Ponsel yang Menjadi Tren di tahun 2019

Teknologi ponsel dari tahun ke tahun menemukan kamajuan-kemajuan yang signifikan. Beragaminovasi di munculkan demi pertarungan di dirtribusi pasar internasional di tahun 2018 kemarin adalah ajang bagi desain inovatif dan mesin ponsel menjadi acuan trand, mulai dari layar lengkung, desain layar (bazel) tipis serta bahan bahan elegan mewarnai jagat ponsel. Demi membuat bingkai yang tipis vendor menempuh berbagai cara, mulai dari membuat notch di bagian depan layar yang semakinkecil, hinnga membuat layar ganda di bagian depan dan belakang selayaknya Vivo Nex.

Dan yang santer terdengar di akhir 2018 lalu yaitu banyak vendor yang menghadirkan jaringan berkecepatan 5G. hal tersebut membuat industri ponsel mulai berlomba-lomba berkerjasama dengan vendor 5G. hal tersebut akan sangat mempengaruhi arah tren di awal 2019 ini. 

Selain itu kedepannya akan banyak lagi teknologi yang sudah ada namun di modifikasi seperti pada finger print, face lock dll. Berikut ini adalah fitur-fitur yang diperkirakan bakal menjadi trend di tahun 2019.

Ponsel Berbasis Jaringan 4G
Eropa, korea selatan, Jepang, China dan USA sejak lama menjanjikan kemunculan teknologi 5G di tahun 2019. Seiring dengan hal tersebut industri ponsel seperti Samsung, Oppo Huawai di kabarkan akan siap menyambut era 5G dan di terapkan pada ponsel mereka. Akan tetapi kendalanya smartphone berbasis 5G baru bisa di nikmati Negara-negara yang sudah menyelenggarakan 5G. Sementara itu di Indonesia sendiri di mungkinkan bisa menikmati jaringan berbasis 5G di akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020.
Smartphone Lipat
Konsep ponsel lipat ini sebenarnya sudah ada pada pertenghan 2018 lalu. Diperkirakan hal tersebut masih menjadi tren di tahun 2019 ini. Hal tersebut karena pihak Google sendiri sudah menjanjikan sistem operasi android yang sesuai maupun ramah terhadap teknologi layar lipat tersebut.

Corning turut mengungkapkan rencana membuat pelapis kaca yang tahan untuk di tekkuk-tekuk untuk mendukung ponsel lipat. Beberapa vendor telah mengumumkan kalau mereka akan meluncurkan beberapa ponsel lipat tahun 2019 ini seperti Samsung dan Huawai.

Finger Print Pada Layar
Kemunculan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang memungkinkan penempatan sidik jari di layar diperkirakan juga akan mempengaruhi tren ponsel di tahun 2019 ini. Pada 2018 lalu beberapa vendor smartphone seperti Vivo, Oppo dan Huawai telah diketahui curi Start’ dengan lebih dulu menyertakan teknologi ini.
Kamera pop-up/geser
Beberapa vendor seperti Oppo dan Vivo telah hadir dengan inovasi kamera pop-up atau kamera geser di tahun 2018 lalu. Hal ini membuat kamera selfie se olah-olah di sembunyikan jikalau tidak di gunakan. Juga membuat notch alias poni untuk mengusung desai layar penuh di bagian mukanya. 

Konsep tersebut diprediksi akan masih menjadi tren di tahun 2019 mengingat banyak vendor yang juga ikut serta melakukan inovasi tersebut. Yang terbaru, Xiaomi juga baru saja meluncurkan smartphone dengan slinder, yakni Mi Mix 3.


EmoticonEmoticon