Saturday, January 5, 2019

E-Sport Dan Perkembangannya di Indonesia


e-sport sekarang menjadi salah satu cabang olah raga, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui dan maksud olahraga tersebut. E-sport sebenarnya sudah lama ada bahkan dari tahun 90 an, akan tetapi baru di tahun 2000an E-sport ini berkembang pesat. Mungkin banyak di antara kalian yang belum tau sama sekali apa itu e-sport? Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu sebenarnya e-sport.

Pertama kali e-sport berkembang adalah dar kompetisi game. Menariknya kompetisi game ini bahkan sudah sejak tahun 1972, yang di adakan di Universitas Standford dan pada kala itu para siswa di undang dalam sebuah kompetisi yang di berinama sebagai Intergalactic Spacewar Olympic, sebuah kompetisi game bernama Spacewar. Dan setelah itu pada tahun ke tahun e-sport ini berkembang sampai sekarang.
Pengertian E-sprot
E-sport yaitu suatu cabang olahraga yang tidak bertanding secara fisik, melainkan mementingkan strategi, kecepatan, dan kelincahan secara online denga media computer sehingga masing-masing team dapat bertanding tanpa bertatap muka. Input dari team dan player maupun output dari “actual esports systems” di mediasi oleh interface manusia dan computer. Atau secara mudahnya e-sport ini adalah kompetisi game, bisa bermacam game. 

Walaupun cuman sekedar game akan tetapi olahra e-sport ini sudah masuk ke Asian games bahkan Olympiade. Bahkan pada Asian Games kemarin 2018 banyak cabang e-sport yang mulai di kompetisikan semisal AOV dan mobile lagend, bahkan di tingkat olympiade seperti DOTA dan PUBG PC.

E-sport di Indonesia
Untuk e-sport sendiri di Indonesia mulai ada semenjak tahun 2000an akan tetapi baru viral di tahun 2017 sampai sekarang, Bahakan pada Asian games kemarin olah raga e-sport ini menjadi titik awal kompetisi yang di selenggarakan tingkat Asia. E-sport sendiri sudah merambah ke banyak game dari mulai game MOBA, Battlegroud, Strategi, Adventure serta  Game Fight. Menariknya dari semua genre game tersebut dibuatlah team E-sport, banyak sekali team E-sport yang mulai berdatangan. 
Team E-sport ini sendiri menjadi wadah bagi atlit E-sport, bahkan atlit ini di berikan fasilitas seperti laptop, komputer, smartphone dll serta bayaran selayaknya atlit olah raga lainnya. Banyak manajemen team e-sport di Indonesia seperti RRQ (Rex Regum Qeon), EVOS, BOOM ID, Elite 8, dan Bigetron E-sport. Team-team besar tersebut sudah merambah di ganre game semisal PUPG, Mobile Lagend, AOV, Vain Glory, Free Fire, DOTA 2 dan lain-lain.
E-sport ini prediksi saya akan sangat berkembang. Di lihat dari pennguna game sendiri sangatlah banyak yaitu ratusan juta pengguna game di versi PC, bahkan Milyaran pengguana gam di versi android maupun iOs. Jadi jangan pernah remehkan cabang olah raga ini. 

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat, kungjungi artikel kami yang lainnya seputar game, kesehatan, games, serta tips-tips lainnya. See you next time.


EmoticonEmoticon