Sunday, May 6, 2018

7 Jenis Makanan yang Efektif Menghambat Sel Kanker

Menjalani hidup sehat adalah kewajiban bagi kita semua demi mencapai kehidupan yang sehat secara rohani dan jasmani. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran secara berkala. Buah buahan merupakan makanan sehat alami yang sangat di butuhkan oleh tubuh, karena memiliki nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seperti protein, vitamin, karbohidrat dan lain-lain. Sebagian buah- buahan mempunyai sari anti oksidan yang bagus untuk melawan sel- sel kanker, tapi tidak semua buah-buahan dapat memerangi kanker. Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat mencegah kanker.

Gambar buah dan sayuran
1. Kubis
Kubis merupakan jenis sayuran yang sering kita konsumsi sehari-hari. Kubis memiliki banayak varian, seperti kubis hijau, kubis putih, brokoli, bunga kol, selada air dan kol ungu. Banyak manfaat dari kubis ini sudah di ketehui pada zaman hipokrates. Dengan mengkonsumsi kubis paling sedikit 5 porsi perminggunya telah terbukti mampu menurunkan resiko kanker bahkan menurunkan perkembangan kanker yang telah ada dalam tubuh.

Yang harus di perhatikan dalam mengkomsumsi kubis adalah cara pengolahannya. Sebaiknya kubis di cuci sebelum di masak  dan jangan terlalu matang, karena akan mengurangi nutrisi yang terkandung dalam kubis.

2. Bawang Putih dan Bawang Bombai
Bawang merupakan salah satu hal yang efektif menghambat pertumbuhan sel kanker. Bawang Putih dan Bawang Bombai sangat baik dalam mencegah kanker, karena memiliki zat anti oksidan. Bawang putih dan bawang bombai dapat mencegah :

  • Kanker Lambung
  • Kanker Usus Besar
  • Kanker Saluran Pencernaan
  • Kanker Kerongkongan
  • Kanker Prostat
  • Kanker Paru-paru
  • Kanker Payudara


3. Kedelai
Penderita kanker disarankan banyak mengkonsumsi kedelai karena kedelai mengandung isoflovon, yaitu senyawa anti kanker. Struktur kimia isoflavon hampir seperti unsur kimia hormon seks. Meskipun kedelai baik untuk penderita kanker tapi tidak di anjurkan untuk penderita kanker payudara dan Prostat. Hal inin di sebabkan kanker payudara dan prostat sangat bergantung pada hormone. Seperti misalnya kanker payudara  berhubungan dengan hormone estrogen dan kanker prostat dengan hormone androgen.

4. Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang efektif menhambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu kunyit dapat membantu kinerja obat kanker agar dapat bekerja lebih baik.

5. The Hijau
Di dalam the hijau terdapat zat katein yang akan menghambat sel kanker. Hal ini sejalan dengan kebiasaan orang cina yang banyak mengkonsumsi the hijau lebih terhindar dari sel kanker dari pada yang jarang mengkonsumsi.

6. Asparagus
Asparagus adalah makanan dengan glutathione tertinggi (349 nM glutathione /g berat basah), “antioksidan” yang mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Glutathione memiliki fungsi luas, di antaranya sebagai makanan pencegah kanker serviks. Sebagai contoh, glutathione terbukti efektif melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, mendetoksifikasi zat asing seperti karsinogen, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mempengaruhi limfosit.

7. Wortel
Wortel Anda mungkin pernah mendengar bahwa wortel bagus untuk mata, tapi tahukah Anda bahwa wortel juga adalah makanan pencegah kanker serviks? Efek perlindungan ini terkait dengan sifat antioksidan wortel yang kuat. Wortel juga mengandung falcarinol – senyawa alami yang efektif dalam menghambat perkembangan kanker. Para ilmuwan menemukan bahwa tikus yang memiliki tumor pra-kanker yang diberi makan wortel, kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker sungguhan menjadi sepertiga lebih kecil daripada hewan dalam kelompok kontrol.

Sekian pembahasan dari artikel makanan yang bisa menghambat sel kanker. Semoga bermanfat bagi anda semua, jangan lupa kungjungi artikel kami yang lain seputar teknologi dan games.


EmoticonEmoticon