Sunday, January 13, 2019

Banyak Manfaat Mengkonsumsi Bawang, Apa Saja Manfaat Tersebut ?

Bawang putih sering kita konsumsi sehari-hari. Banyak manfaat yang ada dalam bawang putih dan salah satunya adalah anti oksidan. Anti oksidan sendiri adalah salah satu zat yang terkandung dalam bawang putih yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, banyak manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi bawang putih. 

Pada kesempatan kali ini akan membahas apa saja manfaat mengkonsumsi bawang putih, diantaranya :

1. Menjaga kesehatan otak
Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih. Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Mengkonsumsi bawang putih siapa sangka mampu menurunkan kadar kolestrol. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup  banyak.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak manfaat bawang putih yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Untuk mendapatkan kesimpulan itu, peserta penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences ini diminta untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari. 

Dari beberapa penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa bawang putih cukup efektif dalam menurunkan kadar kolestrol tubuh.

3. Mengendalikan tekanan darah
Kandungan polisulfida pada manfaat bawang putih terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg. 

4. Mengatasi jerawat
Doris Day, M.D, seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, berpendapat bahwa manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat mungkin saja berhasil karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Pernyataan tersebut disetujui pula oleh Rachelle Wood, seorang ahli gizi di Charlottetown P.E.I. Menurutnya, khasiat bawang putih memang dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alaminya yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh penyebab jerawat

Manfaat lainnya makan bawang putih mentah
Selain dimasak dan ditambahkan sebagai bumbu dalam masakan, bawang putih juga memiliki manfaat bila dimakan mentah-mentah. Mungkin cara makan bawang putih untuk kesehatan ini tidak biasa bagi Anda. Namun kadang, proses memasak dan mengolah bawang putih menyebabkan hilangnya berbagai nutrisi dan kandungan yang penting.
Itu sebabnya mengonsumsi bawang putih secara mentah layaknya makan buah dapat menjamin segala nutrisi yang penting tidak hilang. Jika Anda makan bawang putih mentah secara rutin, paling tidak dua kali seminggu, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat bawang putih berikut.

1. Mencegah penyakit jantung
Selain itu, kabar baik datang dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Dalam penelitian itu, diungkapkan bahwa manfaat bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.  Makan bawang putih mentah secara rutin juga manjur untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki berbagai jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolisme.

2. Menurunkan risiko kanker
Manfaat bawang putih yang dimakan mentah adalah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah membuktikan khasiat makan bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

3. Meredakan infeksi, radang, dan pilek
Berbagi penyakit yang cukup umum ternyata bisa diredakan dengan cara makan bawang putih mentah yang kaya akan allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy membuktikan bahwa manfaat bawang putih yang dimakan mentah di musim flu bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah penyakit tersebut.

4. Mengatasi rambut rontok
Siapa sangka manfaat makan bawang putih mentah bisa mengatasi masalah rambut rontok yang sangat mengganggu? Alopecia atau kebotakan disebabkan oleh penyakit autoimun, dan bawang putih mentah bisa membantu Anda memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.


EmoticonEmoticon