Monday, April 30, 2018

Manfaat Melakukan Meditasi Bagi Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah rutinitas yang harus di laksanakan demi menjaga badan dari segala penyakit. Rutinitas tersebut bisa berupa olah raga yang teratur, makan makanan sehat,  gaya hidup, serta rutin melakukan meditasi. Sering kita melakukan olahraga dan mulai mengkonsumsi makanan sehat, akan tetapi banyak yang belum tau apa itu meditasi dan apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kali ini kita akan membahas apa pengtingnya dan manfaat dari melakukan kegiatan meditasi.
Gambar Aktivitas Meditasi

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan. Meditasi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Pada pasien penyakit kronis, meditasi bisa membantu kesembuhan dan mempercepat pemulihan.

Pikiran yang stres bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih mudah sakit atau memperparah penyakit. Untuk itu, tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang harus seimbang. Meditasi, yang meliputi latihan bernapas bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih menggunakan hati dalam menjalani hidip, membangun empati hingga intuisi. Dengan meditasi, seseorang pun bisa melupakan rasa sakitnya.

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan

Mengendalikan Tekanan darah
Meditasi juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi transcendental dapat mengurangi tekanan darah bagi mereka yang memiliki risiko tinggi hipertensi atau stress psikologis.

Mengurangi Stress
Manfaat meditasi yang telah dikenal luas adalah kemampuannya dalam mengatasi stress. Mulailah bermeditasi selama 10 menit per hari untuk membantu mengurangi stres. Banyak orang mengalami stress akibat dari gaya hidup dan tantangan yang ada pada masyarakat modern. Mungkin tidak mudah untuk mengetahui tingkat stress yang dialami seseorang dan tanpa tindakan pencegahan seseorang mungkin saja mengalami tingkat stress lebih lanjut yang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Pengobatan terbaik untuk stress adalah relaksasi yang dapat mudah dicapai dengan bermeditasi. Penemuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi transcendental dapat mengurangi risiko stress psikologis dan hipertensi untuk orang-orang yang baru menginjak dewasa.

Mengatasi Insomnia
Kurang tidur dapat berakibat pada masalah kesehatan serius diantaranya kelelahan dan berkurangnya nafsu makan. Penderita insomnia mengandalkan obat tidur untuk membantu mereka tidur. Beberapa bahkan mencoba untuk tetap tidur sesuai kebiasaan namun kondisi tersebut tetap mengganggu. Penelitian telah dilakukan untuk menguji efek pengobatan terhadap pola tidur dan hasilnya menunjukkan bahwa bermeditasi secara rutin dapat membantu mengatasi kesulitan tidur dan terbangun akibat dari insomnia kronis.

Mengatasi Gangguan Usus
Latihan meditasi pikiran membantu menjaga kesehatan dan memberikan kelegaan dari gangguan usus. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang mengalami gangguan usus menunjukkan bahwa meditasi terbukti efektif dalam mengobati berbagai macam masalah pada usus.

Mengurangi Kegelisahan
Manfaat meditasi lainnya yang tak kalah penting adalah membantu mengurangi kegelisahan. Penemuan yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa meditasi mengurangi kegelisahan, tekanan darah, dan membantu meningkatkan kualitas hidup.

Toleransi Rasa Sakit
Meditasi telah digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Sebuah penelitian menunjukkan adanya peningkatan toleransi terhadap rasa sakit bagi orang-orang yang bermeditasi dan rasa sakit yang dialami orang-orang tersebut juga menurun secara signifikan.

Mengatasi Gangguan Seksual
Salah satu manfaat meditasi yang cukup mengagumkan adalah kemampuannya yang terbukti efektif membantu terapi seksual bagi wanita yang mengalami gangguan seksual. Hasil dari penelitian yang dilakukan tahun 2008 menunjukkan perubahan signifikan terhadap masalah dan gairah seksual. Penelitian tersebut juga menunjukkan peningkatan nilai pemulihan depresi bagi wanita yang memiliki sejarah kekerasan seksual.

Membantu Penurunan Berat Badan
Hingga saat ini, makan saat sedang emosional memberikan kontribusi yang besar terhadap kasus obesitas baik pada orang dewasa maupun remaja. Kebiasaan makan ini mendorong seseorang untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak meskipun tidak lapar. Kebiasaan ini disebabkan oleh stress yang tidak dikelola dengan baik, kegelisahan, kebosanan, dan kesedihan. Meditasi untuk membantu menurunkan berat badan dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan pola makan yang buruk. Mengendalikan porsi makan berhubungan langsung dengan penurunan berat badan secara keseluruhan.

Meningkatkan Kecerdasan
Meditasi memperkuat dan meningkatkan kewaspadaan pikiran; hal ini sangat bermanfaat jika kita membicarakan tingkat kecerdasan yang dianggap tinggi atau dalam persentase yang memadai. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan IQ seseorang seperti bermeditasi. Meditasi membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi respon stress secara psikologis. Meditasi juga membantu mengurangi tingkat lupa.

Masih banyak lagi manfaat dari meditasi, kegiatan ini mudah untuk dilakukan di tempat yang tenang. Sekian info dari manfaat meditasi kungjuni juga informasi seputar teknologi dan games.





EmoticonEmoticon